Pengertian Efek Rumah Kaca, Penyebab Pemanasan global dan Perubahan iklim

Pengertian Efek Rumah Kaca,
Penyebab Pemanasan global dan Perubahan iklim
-

Resan.id-- Bumi tempat kita hidup saat ini sudah memberikan warning yang nyata. Berbagai bencana alam terus terjadi dalam intensitas yang terus meningkat. Pemanasan global (global warming) dan 'efek rumah kaca' (greenhouse effect) disebut banyak ahli sebagai penyebab perubahan iklim secara makro (climate change).

Perubahan iklim inilah yang mengakibatkan cuaca ekstrem yang memicu berbagai bencana. Kekeringan, banjir, angin puting beliung dan pada akhirnya akan memicu bencana krisis pangan. Kenaikan suhu udara di berbagai belahan dunia dilaporkan juga sudah terjadi. Pada bulan Juli tahun ini, setidaknya ada 22 negara di 7 benua yang mengalami kenaikan suhu maksimum sampai 50 derajat Celcius.

Tiga faktor, yakni Global warming, Greenhouse effect dan Climate change akhir-akhir ini banyak disebut menjadi penyebab perubahan iklim dan memicu cuaca ektrem penyebab bencana. Ketiga hal ini mempunyai pengertian yang berbeda, namun ketiganya memang mempunyai keterkaitan hubungan sebab akibat secara langsung.

Secara sederhana dapat kita pahami sebagai berikut

Efek rumah kaca adalah keadaan dimana radiasi sinar matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Polusi udara akibat aktivitas industri yang masif membuat atmosfer tercemar. Pada atmosfer bagian atas terbentuk sebuah selubung yang menghalangi bumi memantulkan kembali radiasi itu ke luar angkasa. Akibat sinar radiasi yang terperangkap, membuat suhu bumi menjadi semakin panas. Maka selanjutnya terjadilah pemanasan global (global warming).

Penyebab Efek Rumah Kaca

Penyebab efek rumah kaca adalah pencemaran udara dan atmosfer bumi. Namun sebetulnya, jika dirunut lebih jauh, ketiga hal tadi dan segala rentetannya, terjadi karena dampak aktivitas manusia. Eksplorasi alam berlebihan tanpa diimbangi dengan kesadaran menjaga lingkungan, saat ini terus dan masif terjadi di berbagai negara.

Dampak negatif sektor industri juga mengakibatkan berbagai pencemaran atau limbah. Deforestasi (penggundulan hutan) dan kebakaran lahan semakin memperparah kerusakan lingkungan dalam skala besar.

Bahan bakar fosil yang setiap hari dibakar sebagai penghasil energi, baik untuk industri maupun dari emisi kendaraan bermotor menyebabkan kandungan gas Karbondioksida (Co2) meningkat tajam di atmosfer bumi.

Sisa pembakaran berupa gas ini dibuang langsung ke udara melalui cerobong-cerobong pabrik dan kenalpot kendaraan.

Melansir katadata.co.id dalam artikel Pengertian Efek Rumah Kaca dan Penyebabnya, Beberapa zat yang dihasilkan akibat efek samping aktivitas manusia disebut menjadi pemicu 'efek rumah kaca'. Selain Karbondioksida (Co2), ada bebeberapa zat lain, yakni Metana (CH4), Klorofluorokarbon (CFC), Belerang dioksida, Nitrogen oksida, H2o serta menipisnya lapisan Ozon pelindung bumi.

Karbondioksida (Co2) atau sering disebut sebagai zat asam arang adalah jenis yang paling banyak diproduksi akibat efek samping dunia industri. Zat ini adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen. Kedua atom terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Ia berbentuk gas dalam keadaan temperatur dan tekanan yang standar dan hadir di atmosfer bumi.

Saat kandungan Co2 di atmosfer bumi berlebihan, maka akan menghalangi pemancaran panas dari bumi. Sehingga panas dipantulkan kembali ke bumi (efek rumah kaca). Hal ini berakibat suhu bumi menjadikan naik, sehingga terjadi pemanasan global yang memicu cuaca ekstrem.

Dalam jumlah normal, keberadaan Co2 memang dibutuhkan dalam sistem siklus alami. Namun ketika jumlahnya berlebih maka akan menjadi masalah dalam keseimbangan alam.

Melihat resiko yang sangat mungkin bisa segera terjadi, maka sudah seharusnya kita meninjau ulang. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan alam dengan tetap mempertimbangkan kelestariannya. Budaya ramah dan peduli lingkungan harus kita jaga dan rawat, sehingga nantinya bumi dapat tetap menjadi ruang hidup yang layak bagi anak cucu kita.

Lebih baru Lebih lama