Wisata Hati Ala Warga Kepek RT Siji

Wisata Hati Ala Warga Kepek RT Siji
Oleh Edi Padmo
.

Resan.id-- 'Wisata Hati' adalah tema agenda piknik bareng warga RT 01/08, Padukuhan Kepek, Kalurahan Kepek, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul. Dilaksanakan pada Minggu 19 November 2033, di Telaga Nangsri, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semanu. Agendanya biasa, dolan bareng bersama keluarga masing-masing, kalau bahasa kerennya sekarang 'family gathering'.

Namun, ada sesuatu yang istimewa dalam agenda ini, selain 'sambelan bareng' (makan-makan) dan permainan yang meriah, acara disertai dengan menanam pohon konservasi di kawasan Telaga Nangsri. Rupanya ini yang dimaksud dengan tema 'Wisata Hati". Salah satu warga Kepek, yakni Guntur Susilo yang mencetuskan ide ini. Guntur yang aktif di Komunitas Resan, ingin memberi warna baru pada agenda berwisata yang sering dilaksanakan oleh warga.

"Kita tak hanya makan-makan, gayeng-gayeng permainan lalu pulang, tapi meninggalkan 'tenger' atau tanda berupa pohon yang nantinya akan bermanfaat," kata Guntur.

Tidak banyak yang ditanam pada agenda ini, mengingat sekarang Gunungkidul masih juga belum turun hujan. Dengan Sistem Tanam BAIS (sistem tanam pohon di musim kemarau), ada dua bibit pohon yakni jenis bulu dan keben yang dititipkan oleh warga Kepek RT 1 dan Komunitas Resan di Telaga Nangsri.
.

Selain dua yang ditanam, ada 10 bibit pohon yang diserahkan kepada Saryanto, Dukuh Padukuhan Nangsri, sebagai perwakilan warga untuk nantinya akan ditanam ketika musim hujan sudah tiba.

"Buat tinggalan anak cucu, semoga bermanfaat," kata pak ketua RT 1, Suprapto.

"Atas nama warga Nangsri, kami ucapkan matur nuwun atas kepedulian warga Kepek untuk telaga kami. Kemarau membuat telaga Nangsri mengering, semoga dengan ditambahnya pohon di seputaran kawasan dapat membuat telaga terus lestari," sambut Saryanto.

  

"Menanam pohon adalah investasi untuk kehidupan. Ini hal baik yang harus terus kita lakukan. Keadaan iklim yang tak menentu terjadi akibat kerusakan lingkungan. Hal sederhana yang sangat mungkin kita lakukan adalah menanam pohon dan merawat alam. Semoga Wisata Hati ini tidak sekedar piknik, tapi menambah kesadaran kita untuk lebih peduli kepada alam," pungkas Guntur yang di-Amini oleh peserta.

  

Lebih baru Lebih lama